Selamat Datang, Tamu CariAlatBerat.com! [ Daftar | Masukrss

Bagaimana Cara Menjadi Operator Alat Berat

| Tips | May 24, 2011

profesi operator alat berat Bagaimana Cara Menjadi Operator Alat Berat

Tugas profesi operator alat berat tidak hanya terbatas pada operasi buldozer. Juga bukan panggilan gender spesifik karena baik pria maupun wanita bekerja di bidang ini bisa bekerja. Jika Anda dapat mengoperasikan alat berat, bersedia bekerja sebagai tim, memiliki keterampilan komunikasi yang memuaskan dan terbuka untuk saran perbaikan, Anda pasti bisa sukses sebagai Operator Alat Berat, itu adalah modal utamanya nya.

Lalu apakah profesi operator alat berat.

Profesi operator alat berat adalah pekerjaan yang membutuhkan skill khusus untuk menjalankan berbagai macam tools seperti Bulldozer, Hydraulic Excavator, Wheel Loader, Dump Truck, Forklift hingga kapal tongkang dan lain-lain. Penguasaan dalam mengoperasikan alat berat tertentu tidak dapat secara instan dan tidak sama dengan mengoperasikan alat berat yang lain, demikian pula profesional yang menguasai operasi unit alat berat di bidang konstruksi tidak bisa langsung saja menjalankannya contoh pada pekerjaan pertambangan. Melihat begitu lebarnya bidang garapan pekerjaan operator alat berat, dalam kompetensi ini cakupan pekerjaannya dibatasi setiap pada bidang konstruksi, transportasi, tambang dan logging dengan pertimbangan populasi penggunaan peralatan alat berat yang banyak dan merupakan bagian pekerjaan yang dilakukan oleh operator. Baik yang ditunjuk oleh perusahaan, sebagai operator alat berat lepas, operator alat berat khusus pemeliharaan dan perbaikan dalam pekerjaan konstruksi. Mereka juga bertanggung jawab di perjalanan maupun pekerjaan pengiriman.

Merawat dan memperbaiki alat berat.

Operator alat berat juga berwenang menjaga kesehatan alat unit tersebut. Perawatan dan perbaikan peralatan alat berat yang mana penyiapan tenaga pemeliharaan dikuasai oleh perusahaan agen tunggal yang pengembangan standar keterampilannya disesuaikan dengan versi perusahaan masing- masing. Ini terjadi dikarenakan belum adanya suatu standar kompetensi nasional tentang pengoperasian alat berat baik untuk bidang konstruksi, transportasi, tambang maupun sektor logging serta standar kompetensi nasional perawatan dan reparasi Peralatan Alat Berat.

Atas dasar tersebut dirasakan perlu adanya suatu acuan pengoperasian dan Maintenance & Repair Alat Berat yang terstandar sehingga ada suatu jaminan baik untuk operator, mekanik maupun perusahaan terhadap pengoperasian dan perawatan unit-unit alat berat , sehingga kesalahan pengoperasian yang tidak diharapkan dapat terhindar dan umur kerja unit mesin dapat optimal penggunaannya sesuai spesifikasi pabrik.

Kualifikasi pendidikan dan kriteria kelayakan alat berat.

Operasi peralatan Alat Berat di Indonesia umumnya dilakukan oleh operator perusahaan yang keahliannya dimiliki ketika perusahaan itu membeli sebuah unit alat berat dari perusahaan yang terotorisasi pada merek tertentu, sehingga kemampuan operator dalam pengoperasian mesin menjadi terbatas dan sangat variatif antara satu merek tertentu dengan merk yang lain.. Ada sekolah atau tempat kursus yang sangat sedikit di Indonesia yang menawarkan kursus di pelatihan alat berat. Siswa diajarkan dasar-dasar teknik analitis dan diagnostik bersama dengan pengetahuan mendalam elektronik. Menjadi pekerjaan lapangan, pelatihan disampaikan untuk pekerjaan yang banyak dilakukan di lingkungan yang praktis.

The sub kategori posisi pekerjaan, seperti mekanik mewajibkan sertifikasi validasi, yang perlu diperbaharui setiap 5 tahun. Selain faktor pendidikan, kriteria kelayakan pertama dan terpenting adalah memiliki sebuah SIM Alat Berat. Pengalaman dalam mengemudi truk dan mesin konstruksi kecil dianggap sebagai keuntungan tambahan. Kemampuan untuk bekerja dengan orang yang berbeda, untuk terbuka dengan ide pelatihan tambahan dan tanggung jawab dan penilaian jarak adalah beberapa kriteria lain untuk mempekerjakan operator alat berat.

Sejumlah pekerjaan freelance yang tersedia bagi lulusan baru atau trainee yang telah menyelesaikan program pendidikan formal dalam operasi alat berat. Kebanyakan organisasi membayar gaji yang sangat nominal pada tingkat pemula.

Tugas alamiah sebagai operator alat berat.

Tugas operator alat berat untuk mengoperasikan mesin seperti jalan raya truk off highway, grader, excavator, forklift, dump truck, articulated truck, loader, scrapers, pavers, backhoes dan mobil sekop. Sebagai operator junior, orang bisa mulai dengan operasi peralatan kecil dan kemudian beralih ke yang lebih berat. Dengan pengalaman dan pelatihan, pada akhirnya dapat dipromosikan ke posisi senior seperti pengawas, mandor kerja, petugas keamanan atau pelatih. Jika anda adalah orang yang berpikiran independen, Anda juga bisa menjadi sebagai pekerja lepas maupun mendirikan usaha sendiri, setelah memperoleh beberapa tahun pengalaman di bidang operator alat berat.

Karena ini adalah pekerjaan yang diperlukan di hampir semua fasilitas manufaktur berat, seseorang dapat dengan mudah pindah ke kota-kota, jangan ada rasa khawatir tentang menjadi operator alat berat, biasanya tunjangan yang diberikan sangat mumpuni untuk penghidupan dan pengeluaran keluarga.

Upah operator alat berat.

Di luar negri standar gaji untuk operator alat berat adalah 40 jam. Rata-rata, mereka bisa membuat sekitar $ 20.000 sampai $ 49.000 per tahun (termasuk tunjangan). Sebuah hari libur resmi dan membayar liburan juga disediakan bersama dengan asuransi. Tunjangan kesehatan, gigi, dan paket pensiun juga akan didapatkan. Secara kumulatif, orang bisa mendapatkan hampir 20% sampai 30% dari tingkat membayar dasar per jam. Sebuah pekerjaan dengan resiko tinggi apabila bagi Anda yang ceroboh dan kurang waspada. Profesi ini menuntut stamina, daya tahan tubuh dan konsentrasi yang tinggi.

Semoga Sukses!

 

55,918 total views, 33 today

  

Iklan Sponsor

83 Responses to “Bagaimana Cara Menjadi Operator Alat Berat”

  1. salam kenal, saya sangat ingin menjadi operator excavator di mana ya saya bisa kursus

  2. Bagaimana cara membuat SIM ALAT BERAT

  3. bagaima cara menjalankan alat berat dump truck apakah ada syarat tertentu untuk menjalankan alat tersebut dan dimana tempat mempelajari alat tersebut

  4. Selamat Sore Pak,
    Saya berminat untuk mengikuti pelatihan alat berat, seperti : Mengoperasikan Cran & truk. Dimana saya bisa mendapatkan pelatihan tersebut. Saya tinggal di jakarta.
    Tx

  5. gmana cara pengoperasian adt apa sy boleh belajar skrg posisi sy oprt whell loader

  6. saya berminat mengikuti pelatihan alat berat tp dmna ya lokasiny?? mohan diinfo lebih jelas… terima kasih

  7. ingin mgikuti pelatihan tentang peyebab terjadinya humaneror dlm pengoprsin

  8. saya berminat untuk mengikuti pelatihan alat berat, seperti : Mengoperasikan eskafator. Dimana saya bisa mendapatkan pelatihan tersebut. Saya tinggal di surakarta
    .
    Tx

  9. koko yulianto on November 22, 2012 @ 4:22 PM

    sy tertarik mengikuti pelthan alat berat, tp sy terkendala dana gmn ya solusinya??
    koko yulianto 087715056493

  10. Saya tertarik mengikuti kursus alat berat khususx excavator. Di mana saya bisa dptkan tempat kursusx

  11. salam sejahtera,,,, saya Arif dari banjarmasin, berprofesi sebagai operator hidrolic excavator KOMATSU Pc 300-8, bagi teman” yg berminat menjadi operator alat berat, tidak perlu pusing, dan malah digaji, anda tinggal mendaftar sebagai helper di perusahaan” kecil, disitu anda akan belajar langsung dengan operator tambang, hasilnya anda akan” benar faham dan mengerti seperti apa operator itu… Bila anda cerdas, dan cepat mengusai unit dan menguasai medan, maka anda dpt di angkat sebagai operator di perusahaan tersebut. Lokasi kalimantan selatan. Terimakasih semoga bermanfaat. Salam suxes.

  12. bagi yg berminat menjadi helper excavator, silahkan kirim lamaran ke alamat: zarifin898@yahoo.com

  13. salam sejahtera untuk semua operator se kalimantan..

  14. bluedix.cake on January 27, 2013 @ 3:47 AM

    tapi saya nyari sekolah alat berat gak ada…
    terpaksa jadi kerneknya

  15. saya kepengen jadi operator alat berat,msalah nya kalo kursus saya trkendala dana,,,kalo pun ada lowongan helper saya jga mau,digaji berapa pun yg pnting bisa makan,,tlong d bntu dan hub i sya 085784891207;saya niat

  16. alhamdulilah gua udah selesai kursus pengoperasian alat berat tiggal mow cri krja nich

  17. sepertinya seru juga mengemudikan alat berat

  18. Tri_ekountoro on March 19, 2013 @ 1:45 PM

    Buat all operator alat berat khusus.ny excafator dmn pun anda berada bantu saya untuk menjadi operator handal seperti kalian…..
    hub: 085878607079
    email: Ndo_bredet86@yahoo.co.id
    salam sohib…tq

    • dijogja ada almtna jl patangpuluhan no 36 kykny gedung jccc kmrn kurg kuota jd pending bln juni bs call 085743604400

  19. dicari Operator alat berat untuk semua jenis atau minimal yang mengerti pengunaan alat berat dozer D6D untuk wilayah bekasi celincing. jakarta
    untuk info call 081806333238 – 081317810123

  20. walah udh 20th lbh je jadi operator openpeed maupun under ground

  21. sy dah 10thn krj bw excavator di malaysia di mn sy mau cr krj di in donesia khusus daerah pati jepara

    • sy dah 10 thn bawa alat berat tp di mlsya di mn sy mau cr krj di indonesia khusus pati jepara klu ad tlng hbngi sy 089616788214

  22. Bagaimna caranya mnggunakan truk dump roda 10,,,sya brada di kaltim tpatnya di kec.kaliorang,dimna sya bsa bljar truk itu,,,apkah ada yang membutuhkan kryawan sa berminat kerja d bgian sopir,tpi yang saya pegang truk nissan roda 6,,,mhon bantuan kalo pun d training saya bersedia,

  23. dimana saya bisa belajar cara kerja semua alat berat online gratis

  24. ‘salam kenal buat seluruh operator alat berat smoga sukses slalu … tlog lh..saya uda lama sekali ingin menjadi operator ,khususnya membawa escavator ,,tp tdk tau mau ikut spa ,.. kpda seluruh opertor alat berat ,saya mhon degan sagat ,,klau pn ada lowogan sbagai helver saya sagat mau …saya ingin sekali menjadi oprtor yg handal…brikn lh informsh ke saya 085355534666,asal saya dar medan ,,saya sekrang mntap d pkn baru. tks

    • Ada yang ingin mau belajar alat berat maupun mekanik tempatnya di jakarta tu uda seluruh indonesia keluar gk sia2 bwah sertifikat langsun

  25. slamat pagi pak,saya mau nanya ada gak tempat kursus opt ADT ? kl ada mohon info nya..

  26. nama saya riyadi umur 26 thn tinggal di jakarta inggin menjadi helper excavator no hp
    083870518694

  27. bos saya mau belajar jadi operator alat berat itu bos.gimana cara y bos.saya tinggal di lampung.deket pt wm.palembang

  28. mau tanya ni,,saya tinggal di jogja,,kalo kursus excavator di jogja ada enggak ya,,,,???makasih

  29. echadanest on July 21, 2013 @ 10:47 PM

    saya dlu op jacking pile.tapi lgi g ada proyek..nganggur,kira2 ada low g ya

  30. anggapratamabjn@gmail.com on July 30, 2013 @ 11:04 AM

    kapan y bs jadi oprator Alat berat

  31. anggapratamabjn@gmail.com on July 30, 2013 @ 11:11 AM

    Selamat pagi teman”..,.,bisa minta saya menjadi Oprator Alat Berat gak..
    Dan apa bila ada yang bersedia mengajari/private saya.
    minta tolong hubungi saya ya Bapak/Ibuk.
    085237677734
    081998916734
    anggapratamabjn@gmail.com
    sebelumnya terima kasih Dan salam kenal buwat semua cruw + teman_teman semuanya.
    ow iya Lupa. SALAM PERSAHABATAN :d:d:d:d:d:d:d:d

  32. Mencari lowongan kerja operator excapator.

  33. udah 3 bulan lebih belajar exavator,, tp lum lancar”..
    buat yg sudah mahir,,tolong bagi” tipsnya spy lbh mudah belajar exsavator..terima kasih

  34. need job, helperboy
    085691239979

  35. mau tnya yg udah jd operator,
    nie saya helper bang,
    klog kendala nya g ad tenaga nya ap bang,alat nya hitachi,
    klog filter hidrolis dan filter pilot nya di lepaz tenaga nya pulih,
    tp klog filter nya di pasang kembali g ad tenaga(loyo)
    ithu penyebab nya ap bang,
    terima kash?

  36. ass…saya iyan dari banjar saya pgen sekali bisa bawa mobil dump truk yg handal gimana ya cara nya aku rela jadi karnik nya bertahun2 asal bisa ini no saya 082158555ass…saya iyan dari banjar saya pgen sekali bisa bawa mobil dump truk yg handal gimana ya cara nya aku rela jadi karnik nya bertahun2 asal bisa ini no saya 082158555519

  37. Saya sudah menjadi op forklift slama 10 thn.tp sio saya tidak ada.apakah bs saya melamar
    Pekerjaan tanpa sio,di tmp lain

  38. sy pengen sekali belajar operasikan Truck HD…..
    cara agar bisa menjadi operator truc HD bgmn…
    tlg infkan ke email sy…
    jordanvino66@gmail.com
    from Jogjakarta

  39. Dibutuhkan segera tenaga kontruksi umum dan bagi yg punya sekil sebagai oprator alat berat. Job Taiwan 4 Proyek kontruksi jln TOL, PLTU, Bendungan dan Mono REL.

    info : call / sms +62819 3484 5425

  40. kalau ada lowongan untuk helper ,tolong hubungi/sms ke nmr 087755922370

  41. Sepri Aditya on October 1, 2013 @ 6:00 AM

    Saya Operator Excavator. Pernah mengoperasikan Excavator Kelas 300, 200,100.
    Apa saya Saya bisa gabung. terus terang saya tidak punya SIO, SIM B2, Sertifikat.
    Saya hanya punya Surat pengalaman kerja dan Kimper.
    sekian

  42. siapa yg mau untuk kerjasama? saya ada kerjaan buka lahan, kurang lbih 2000ha. klu ada yg serius hubungi saya 085246474070. dtunggu, bagi yang serius,

  43. saya operator wheel loader sudah 3thn
    umur sy 22 tahun,
    sy biasa mengoperasikan lodaer CAT seri 980 g n h, 966, 988, dan sy jg punya SIO masih aktif sampai 2017,
    siapa tau ada yg bisa mrmberikan info lowongan dengan upah yg lebih baik, bisa e-mail ke yonathan349@gmail.com,
    karena yg sekarang upah sy masih dbawah UMK, padahal sebagai operator alat berat

  44. Sya ingin berkerja mnjadi mekanik kobelco, kmarin sya pernah berkerja
    Ikut pemborong spesialis kobelco exavator giosvek -8, sya sdh bsa
    Bongkar regulator, cek tahanan slinoit,resiling kounter valve, ganti sil
    Slinder, tpi sya cma mempunyai tamatan skolah smp, mkanya
    Sekarang saya susah untuk mencari kerja d bidang mekanik
    Kobelco geosvek lg. Mohon petunjuk. Trmksh.

  45. maaf agan-agan ane operator loader pegang komatsu WA350 dengan CAT 910F dah 6 tahun bekerja tapi blum punya sio, ,mungkin ada yang tau kalo bikin sio biayanya berapa ??

    • hardjoko/djoko on May 15, 2014 @ 9:03 AM

      jika inginpengurusan sio,untuk oprator alat berat apa saja hubungi saya di no hp 085249892788.
      untuk sio alat berat apa saja akan sy bantu tks.

  46. saya ingin sekali bisa belajar terus bekerja mengendalikan alat berat. tapi saya tidak tau harus memulai dari mana????? karna banyak sekali di daerah saya ini perusahaan alat berat,

  47. Aprilia Agustin on December 5, 2013 @ 11:36 PM

    Selamat malam,, saya april..
    Boleh tau dimana ada tempat kursus alat berat yg basicnya dari awal…
    Karna saya sudah coba tanya,, hanya menerima yg sudah berpengalaman…
    Terima kasih

  48. slmt pgi gan, adakah lowongan krja buat oprtor Vibro sakai,, klo ada tlong ksh tau ea gan. 087726554139 mksh sblmya.

  49. ingin punya sio loader

  50. salam kenal,saya sudah mempunyai sio forklift dan sekarang ingin mempunyai sio loader (sertifikat )bagaimana caranya ? saya ingin sekali bekerja di freeport saat ini saya bekerja di pongkor…..terima kasih 085695662769 nmr saya

  51. bg yg mau mahir jd operator excavator silahkan hubungi 082345986289

  52. Buat mas Ilyas di 082345986289 dan yang jago oprasiopnalkan alberat , bagaimana jika saya belajar alat berat ? karena saya pingin banget belajare alat tersebut.. belama lama alatberat sampai mahir sekali ? terima kasih atas sarannya. 081285913452

  53. bagai mana cara belajar mengemudi alat berat yang benar dan tepat

  54. pengen punya sio excavtor..

  55. Saya tnggal d semarang 2 thn bkrja jd operator exavator n mekanik d tmbang pasir malaysia
    Klo ada yg lg butuhin helper operator atau mekanik khusus nya d pulau jawa
    tlong hub saya
    087700573278
    Pin bb 79c3fac1

  56. Bagi yang berminat belajar jadi operator dari basic, ataupun yang sudah bisa dan ingin memiliki sio hubungi 04113624203

  57. Ada yg butu operator alat berat excafator kobelco,cat,will loder silakan hubungin sya 087871800305.

  58. dimana ya mau kursus alat berat seperti HD atau Exca di di daerah Balikpapan atau Samarinda Info in Dong
    Butuh Cepat

  59. Edi Prastyo Edi on May 11, 2014 @ 10:32 PM

    Misi, mau tanyak d mana saya bsa blajar excavator daerah bali.. Info saya tunggu..

  60. saya bisa bawa crean rapter 50T ke bawah dan trek (rangka 100T kebawah) punya sim Bll U dan sio depnaker RI dan masalah saya klw ngelamar sll harus ada org dalam dan saya apes nya sll dpt job di hutan dan ( pertambangan ) kurang relasi, cita2 saya mo dlm lingkungan kota saja jenuh jg dlm hutan dr dulu harap di hub ke 0813 7511 1001 klw ada info.
    trakir saya megang rabter 25,40T tadano dan lin bell 100 trek, posisi stanby nunggujob di full.

  61. gan ini nomer ane 082226468781, dri kalsel siap jadi helper

  62. Di mn sy dpt belajar membwa alat berat

  63. farid (Supervisor) on September 1, 2014 @ 9:45 AM

    Di perlukan pekerja (General Worker) di Kuching Sarawak Malaysia. Berminat Hub. sy 0149930730

  64. Saya ari dari banjarmasin,saya pengen banget jadi operator exavator atau pun operator HD,klu ada yang butuh tenaga saya tlg hub 082150765554…makasih

Leave a Reply

Iklan Sponsor









Iklan Premium

Facebook Cari Alat Berat

Iklan Sponsor









Iklan Premium